Terharu! Nasib Bapak Tua Gelandangan Ini Tertolong Berkat Media Sosial



SURATKABAR.ID – Jika sejak dulu media massa disebut sebagai society control, seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih di era digital ini membuat media sosial menjadi ‘kekuasaan yang baru’. Istilah ‘the power of social media’ belakangan kerap muncul lantaran dalam perkembangannya, media sosial kerap mampu mengubah nasib hidup seseorang.

Salah satu contoh yang diketahui massa adalah tertolongnya hidup seorang gelandangan di Jakarta Barat yang diketahui bernama Awat berikut ini. Melansir laporan dari Brilio.net, Sabtu (17/6/2017), kisah Awat pertama kali viral setelah sebuah akun gosip mengunggah foto-fotonya yang sedang berada di pinggiran Kota Jakarta. Dalam foto tersebut, kondisi Awat tampak sangat miris memprihatinkan.

Tubuhnya yang telah renta itu tampak kurus tak terurus. Bapak tua itu hanya tidur di bekas pos, tanpa alas apapun. Untuk makan sehari-hari, Awat hanya mengandalkan belas kasih orang-orang di sekitarnya.

Sebelum menjadi gelandangan, tentu ia pernah bekerja sebagai pengasuh orang tua di di daerah Grogol, Jakarta Barat. Namun setelah orang tua itu meninggal, Awat menjadi pengangguran dan tak bisa lagi bekerja karena faktor umur.

Baca juga: Jaksa Agung Tetapkan Hary Tanoe Tersangka di Kasus Ancaman Chat WhatsApp

Postingan menyentuh hati itu pun langsung menjadi booming dan menjadi perbincangan hangat di kalangan para warganet jagad dunia maya. Beberapa netizen bahkan berinisiatif untuk mendandani Awat. Hal tersebut terungkap lewat postingan seorang netizen dengan nama akun @meilisayap.

Melalui unggahannya, @meilisayap memperlihatkan perubahan Awat setelah dibawa ke tempat cukur dan diberi tempat tinggal serta makanan untuk sehari-hari.


“Sampe terharu. Jadi tadi ada yg DM ke saya kalo ternyata pak awat ini adalah kerabat dia yg uda ilang setahun lalu. Dan besok mau janjian ketemu. Sekarang pak awat udah ganteng loh, tadi dibawa ke barbershop sama @stefanusrendy13. Terharu juga bisa kenal sm @evonandrean yg baik banget mau bantuin. Tapi semuanya ga bakal bisa ketemu kalo bukan karena @thenewbikingregetan. Bravo!” akun @meilisayap berbagi cerita panjang lebar.

Alhasil, perubahan hidup Awat ini membuat banyak warganet terharu. Bahkan saking viralnya, kisah menyentuh Awat sudah sampai ke telinga Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa.

“Mimin tidak pernah menyangka bahwa para follower sangat berperan besar dalam penyebaran berita ini. Hingga tadi mimin mendapat info bahwa berita Pak Awat ini sudah sampai ke telinga Ibu Menteri @khofifah.ip,” tulis @thenewbikingregetan.

Hingga berita ini dipublikasikan, Pak Awat dikabarkan sudah dibawa dan diurus oleh Dinas Sosial Kedoya, Kembangan, Jakarta Barat.

Kisah hidup Pak Awat ini tentu bisa menjadi teladan positif bagi kita semua. Sama layaknya seperti penggunaan uang, media sosial hanyalah media bagi seseorang untuk berbuat sesuatu.

Baca juga: Terungkap Sudah, Ternyata Begini Pandangan Bung Karno Soal Kafir dan Khilafah

Akan menghasilkan yang baik atau buruk, semua itu ditentukan oleh kita yang menggunakannya. Jika kita menggunakan media sosial dengan positif, maka kita akan melihat dampak perubahan yang juga positif dari apa yang kita lakukan. Yuk, kita gunakan media sosial dengan lebih positif!

Loading...

Komentar

komentar


Berita Terpopuler