Terungkap! Pencabutan Banding Ahok Ternyata Strategi untuk……


SURATKABAR.ID – Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memutuskan untuk mencabut permohonan banding sejak Senin (22/5/2017) malam. Menurut Pengamat hukum pidana dari Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar, pencabutan ini merupakan sebuah strategi yang sengaja dilakukan.

Strategi ini berkaitan dengan pengajuan proses Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung. Fickar menduga, dengan dicabutnya banding, Ahok akan mempersingkat waktu untuk mengajukan PK ke MA.

Dengan begitu, Ahok tak perlu lagi menunggu proses banding selesai dan tak perlu pula mengajukan kasasi.

“Kalau banding, mereka harus mengajukan banding, diproses, kalau ditolak ada kasasi, baru proses selanjutnya PK. Sebaliknya, kalau PK langsung dikaji Mahkamah Agung, Ahok hanya butuh menjalani vonis dari pengadilan karena PK hanya diperbolehkan setelah ada kekuatan hukum tetap. Saya menduga arahnya ke sana,” jelas Fickar, dilansir republika.co.id, Rabu (24/5/2017).

Baca juga: Ahok Cabut Banding, Jaksa Agung: Berarti Dia Mengaku Salah

Fickar melanjutkan, ada dua alasan yang bisa digunakan Ahok untuk mengajukan PK. Pertama, karena adanya bukti-bukti baru. Sedangkan alasan kedua karena adanya kekeliruan dalam putusan atau vonis yang telah dijatuhkan majelis hakim.

Menurutnya, diantara kedua alasan ini, alasan kedua lebih masuk akal digunakan oleh tim kuasa hukum Ahok.

“Mereka bisa berargumen bahwa majelis hakim mengabaikan pembelaan atau bukti-bukti yang diajukan,” terang Fickar.

Sementara itu, Kejaksaan Agung beranggapan bahwa pencabutan banding yang dilakukan pihak Ahok ini merupakan bukti bahwa Ahok telah mengakui kesalahannya melakukan penodaan agama Islam.

Setelah mencabut banding, istri Ahiok, Veronica Tan juga sempat membacakan surat yang ditulis oleh Ahok untuk para pendukungnya. Dalam surat itu, Ahok menyampaikan terimakasih atas dukungan yang selama ini telah diberikan padanya.

Tangis Veronica juga sempat pecah saat membacakan surat dari suaminya itu. Banyak yang memberikan dukungan untuk Ahok agar tabah menjalani hukuman yang dijatuhkan padanya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler

Loading...

Berita sebelumyaAhok Cabut Banding, Jaksa Agung: Berarti Dia Mengaku Salah
Berita berikutnyaPenumpang Lion Air Protes Keras Karena Pilot Masukkan Orang Ini ke Kokpit