Ahok Dipenjara 2 Tahun, Bagaimana Nasib Rizieq?


SURATKABAR.ID – Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) divonis 2 tahun penjara terkait tudingan menistakan agama Islam. Setelah vonis dijatuhkan untuk Ahok, muncul sejumlah pertanyaan terkait kasus penodaan agama yang juga menjerat Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Terkait kasus yang menyeret nama Rizieq ini, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan bahwa pihaknya masih menyelidiki laporan tersebut.

“Tentunya kan semua laporan dari masyarakat, kami tindaklanjuti. Ada SOP, ada prosedur, ada penyelidikan. Nanti kamu mintai keterangan beberapa orang yang melaporkan dia. Apakah nanti memenuhi unsur pidana atau tidak. Tentu perlu kami dalami di situ,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Selasa (9/5/2017), dilansir kompas.com.

Argo melanjutkan, dari sekian banyak laporan terhadap Rizieq kepada polisi, baru satu laporan yang ditemukan terbukti mengandung unsur pidana. Laporan ini terkait kasus percakapan WhatsApp antara Rizieq dengan wanita yang diduga Firza Husein.

Baca juga: Duh, Ki Gendeng Pamungkas Ditangkap Polisi. Ada Apa?

Namun, dalam kasus ini pun Rizieq belum ditetapkan sebagai tersangka. “Kami belum semuanya selesai memeriksa, kami masih banyak, ada beberapa yang perlu ditambah,” lanjutnya,

Sebelumnya, Rizieq dilaporkan oleh Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP-PMKRI), Rumah Pelita, dan Student Peace Institute dengan tuduhan dugaan penodaan agama.

Dalam laporannya itu, mereka membawa bukti berupa video ceramah Rizieq yang dianggap telah menghina ajaran nasrani.

Selain dua kasus tersebut, Rizieq juga dilaporkan atas sejumlah kasus lainnya, yakni pernyataan Rizieq yang menyebut adanya logo palu arit yang tercetak pada uang kertas, penghinaan terhadap Kapolda Metro Jaya dan hansip, dugaan penistaan Pancasila, serta penyerobotan tanah di Jawa Barat.

Sementara itu, Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Alghiffari Aqsa, menyebut bahwa vonis yang dijatuhkan pada Ahok terkait penodaan agama juga bisa dijatuhkan pada Rizieq dengan tuduhan yang sama.

Baca juga: Dituding Anti-Pancasila, Jubir HTI Malah Komentar Begini

“Ketika seorang pejabat publik seperti Ahok kena, apalagi ada tekanan politik dan kegamangan, maka semua orang di Indonesia bisa terancam. Habib Rizieq yang sebelumnya dilaporkan, juga bisa kena,” jelas Alghiffari.