Suara Ahok Meninggi Saat Jaksa Lakukan Ini di Persidangan


SURATKABAR.ID – Sidang ke-17 kasus dugaan penistaan agama yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), digelar Selasa (4/4/2017) di Auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan.

Ketika sidang tengah berlangsung, suara Ahok tiba-tiba meninggi saat menyaksikan video pidatonya di Kepulauan Seribu yang ditayangkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Pasalnya, Ahok menilai ada perbedaan antara video yang ditayangkan oleh jaksa dengan video yang diunggah Pemprov DKI Jakarta di media sosial Youtube.

“Kalau kami lihat tadi isi videonya sama. Tapi (video yang diunggah) Pemprov DKI enggak ada font (tulisan) ‘Ahok Hina Al-Quran’,” ujar Ahok dengan nada kesal, dilansir kompas.com.

Baca juga: Katib Aam PBNU Sebut Kasus Penistaan Agama Hanya Manipulasi

Ahok menuturkan, tulisan dalam video tersebut bisa menimbulkan kerancuan dan membangun opini publik.

“Ini (tulisan ‘Ahok Hina Al-Quran’) ada di semua video (yang ditayangkan JPU). Ini membangun opini,” lanjutnya lagi.

Namun, pihak JPU kemudian membantah protes dilayangkan Ahok tersebut. Menurutnya, tulisan yang dipermasalahkan Ahok ini hanya merupakan judul file. Tapi, lagi-lagi Ahok membantah jawaban jaksa dan melanjutkan protesnya.

“Ini bukan judul. Di seluruh video muncul tulisan itu, itu yang membedakan (dengan video yang diunggah Pemprov DKI),” tegasnya.

Meski mendapat protes keras dari Ahok, jaksa tetap menagaskan bahwa tulisan yang dipermasalahkan Ahok ini merupakan judul file saja. “Itu tulisan cuma ada di judul file saja,” jawab Jaksa.

Setelah perdebatan singkat antara Ahok dan jaksa ini, jaksa kemudian melanjutkan penanyangan video untuk disaksikn majelis hakim. Sidang kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan barang bukti dari JPU dan penasihat hukum, kemudian pemeriksaan Ahok sebagai terdakwa.

Terkait video pidato Ahok di Kepulauan Seribu yang diduga menistakan agama, JPU mendakwa Ahok dengan dakwaan akternatif antara Pasal 156 huruf a KUHP atau Pasal 156 KUHP.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler

Loading...

Berita sebelumyaPeneliti dari Harvard Ciptakan Daun Buatan untuk Hasilkan Bahan Bakar dan Sumber Energi Listrik Terbaru
Berita berikutnyaKurang Sedikit Lagi, Kasus Buni Yani Akan Disidangkan