Dipilih Trump Sebagai Jaksa Agung, Tapi Tentang Kebijakan Soal Muslim

000trump123SURATKABAR.ID – Pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS ke-45 tinggal menunggu hari. 20 Januari mendatang, ia akan resmi menggantikan Barack Obama sebagai orang nomor satu Amerika Serikat. Baru-baru ini Trump mengajukan Jeff Sessions sebagai calon Jaksa Agung. Jeff Sessions dikatakan menentang kebijakan yang melarang umat Islam memasuki AS.

Seperti dilansir Reuters dalam internasional.republika.co.id pada Selasa (10/01/2017), Sessions menyebut metode waterboarding yang akan diterapkan kepada muslim di AS merupakan bentuk penyiksaan yang ilegal dan tidak berprikemanusiaan.

Waterboarding sendiri merupakan teknik interogasi yang dikenakan kepada tahanan dengan cara mengikat tangan serta wajah, kemudian kepalanya ditutup dan dituangkan air. Waterboarding sudah digunakan untuk interogasi sejak zaman inkuisisi Spanyol guna memperoleh informasi, menghukum dan intimidasi.

Sebagai senator dari Partai Republik, Jeff Sessions menyampaikan pendapatnya ini sewaktu ia menanggapi pertanyaan di sidang ujian oleh Senat AS. Sessions menjadi orang pertama dalam kancah pemerintahan yang akan dibentuk Trump tahun ini.

Seperti yang telah diketahui, Trump pernah menyatakan waterboarding adalah teknik interogasi yang “efektif”. Dalam masa kampanyenya sewaktu pemilu 2016, Trump bersumpah akan menerapkan kembali teknik interograsi ini kepada muslim di AS.

Saat para anggota senat menanyai Sessions terkait apakah waterboarding merupakan penyiksaan, ia menjawab sejak Kongres AS mengeluarkan undang-undang, waterboarding atau bentuk penyiksaan lain adalah tidak dibenarkan dan ilegal untuk diterapkan.

Jeff Sessions yang dulunya dikenal sebagai Senator Alabama ini bersikukuh bahwa hukum jelas melarang waterboarding. Sessions menegaskan hal tersebut bisa menimbulkan masalah bagi Trump jika sang presiden secara Islamofobia mencoba untuk kembali menerapkannya bagi muslim AS saat ini.

Islamophobia sendiri merupakan istilah untuk menggambarkan prasangka dan diskriminasi pada Islam dan umat muslim. Istilah ini telah digunakan sejak tahun 1980an.

Sessions juga mengatakan ia tidak akan mendukung berbagai bentuk larangan terhadap siapa pun atas dasar agama. Ia mengatakan niat Trump untuk memblokir orang yang berasal dari negara tempat teroris bersembunyi tidak semuanya merupakan umat Islam. Dengan kata lain, Session menentang sikap Trump yang cenderung Islamofobia.

Sebelumnya, Jeff Sessions disebut-sebut merupakan salah satu kandidat terkuat yang akan dicalonkan sebagai Menteri Pertahanan. Namun keputusan terakhir telah menetapkan Sessions sebagai Jaksa Agung.

Sementara itu, Mike Pompeo juga telah ditunjuk sebagai Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) sedangkan posisi Penasihat Keamanan Kepresidenan diberikan kepada Jenderal (Purn.) Michael Flynn.

Komentar

komentar


Terbaru

Pasca Foto Syur Yang Diduga Dirinya Tersebar, Kini Keponakan Prabowo Ini Malah Terancam…

SURATKABAR.ID - Gerakan Nasional Negara Darurat Moral akan melaporkan anggota komisi DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Aryo Djojohadikusumo ke polisi terkait beredarnya foto syur...

Jagoannya Menang di Jakarta, Begini ‘Kode Keras’ PKS Kepada Para Cukong Pilkada

SURATKABAR.ID – Kemenangan pasangan Anies –Sandi membuat para partai pengusungnya bersorak sorai. Rupayany hal ini juga menjadi wujud pembuktian mereka di belantika politik Tanah...

Mantan Wakil Wali Kota Parepare yang Berusia 70 Tahun Nikahi Gadis Belia, Uang Maharnya...

SURATKABAR.ID - Tajuddin Kammisi, mantan Wakil Wali Kota Parepare dikabarkan menikah dengan seorang gadis yang usianya terpaut puluhan tahun darinya. Pria yang kini berumur...

Menyibak Sejarah Bagaimana Para Leluhur Manusia Menguasai Dunia

SURATKABAR.ID – Manusia terlahir untuk pertama kali sekitar 2,5 juta tahun silam di Afrika Timur, dari genus Australopithecus. Manusia-manusia pertama yang mendiami Eropa dan...

Bikin Pangling, Penampilan 8 Artis Tomboy Saat Berkebaya Ini Ternyata Anggun Banget

SURATKABAR.ID – Bulan April memang kerap diidentikkan dengan apresiasi terhadap Kartini dan kebaya. Pakaian tradisional Indonesia itu memang bakal membuat penggunanya tampil anggun. Beberapa...

Inilah 5 Rencana yang Sudah Ahok Siapkan Setelah Tak Lagi Jadi Gubernur

SURATKABAR.ID – Hampir dapat dipastikan, pemenang dengan suara terbanyak pada Pilkada DKI Jakarta putaran kedua 2017 bukanlah pasangan petahana Basuki-Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat....

Ditagih Pembangunan Stadion Sekelas Old Trafford dan Allianz Arena, Begini Jawaban Sandiaga

SURATKABAR.ID – Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta periode selanjutnya menegaskan komitmennya untuk membangun stadion bertaraf internasional sebagai home base Persija....