Dipilih Trump Sebagai Jaksa Agung, Tapi Tentang Kebijakan Soal Muslim


000trump123SURATKABAR.ID – Pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS ke-45 tinggal menunggu hari. 20 Januari mendatang, ia akan resmi menggantikan Barack Obama sebagai orang nomor satu Amerika Serikat. Baru-baru ini Trump mengajukan Jeff Sessions sebagai calon Jaksa Agung. Jeff Sessions dikatakan menentang kebijakan yang melarang umat Islam memasuki AS.


Seperti dilansir Reuters dalam internasional.republika.co.id pada Selasa (10/01/2017), Sessions menyebut metode waterboarding yang akan diterapkan kepada muslim di AS merupakan bentuk penyiksaan yang ilegal dan tidak berprikemanusiaan.

Waterboarding sendiri merupakan teknik interogasi yang dikenakan kepada tahanan dengan cara mengikat tangan serta wajah, kemudian kepalanya ditutup dan dituangkan air. Waterboarding sudah digunakan untuk interogasi sejak zaman inkuisisi Spanyol guna memperoleh informasi, menghukum dan intimidasi.

Sebagai senator dari Partai Republik, Jeff Sessions menyampaikan pendapatnya ini sewaktu ia menanggapi pertanyaan di sidang ujian oleh Senat AS. Sessions menjadi orang pertama dalam kancah pemerintahan yang akan dibentuk Trump tahun ini.

Seperti yang telah diketahui, Trump pernah menyatakan waterboarding adalah teknik interogasi yang “efektif”. Dalam masa kampanyenya sewaktu pemilu 2016, Trump bersumpah akan menerapkan kembali teknik interograsi ini kepada muslim di AS.

Saat para anggota senat menanyai Sessions terkait apakah waterboarding merupakan penyiksaan, ia menjawab sejak Kongres AS mengeluarkan undang-undang, waterboarding atau bentuk penyiksaan lain adalah tidak dibenarkan dan ilegal untuk diterapkan.

Jeff Sessions yang dulunya dikenal sebagai Senator Alabama ini bersikukuh bahwa hukum jelas melarang waterboarding. Sessions menegaskan hal tersebut bisa menimbulkan masalah bagi Trump jika sang presiden secara Islamofobia mencoba untuk kembali menerapkannya bagi muslim AS saat ini.

Islamophobia sendiri merupakan istilah untuk menggambarkan prasangka dan diskriminasi pada Islam dan umat muslim. Istilah ini telah digunakan sejak tahun 1980an.

Sessions juga mengatakan ia tidak akan mendukung berbagai bentuk larangan terhadap siapa pun atas dasar agama. Ia mengatakan niat Trump untuk memblokir orang yang berasal dari negara tempat teroris bersembunyi tidak semuanya merupakan umat Islam. Dengan kata lain, Session menentang sikap Trump yang cenderung Islamofobia.

Sebelumnya, Jeff Sessions disebut-sebut merupakan salah satu kandidat terkuat yang akan dicalonkan sebagai Menteri Pertahanan. Namun keputusan terakhir telah menetapkan Sessions sebagai Jaksa Agung.

Sementara itu, Mike Pompeo juga telah ditunjuk sebagai Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) sedangkan posisi Penasihat Keamanan Kepresidenan diberikan kepada Jenderal (Purn.) Michael Flynn.

Komentar

komentar


Terbaru

Mantan Ajudan Ir. Sukarno: Saya Melihat Sukarno Coba Dibunuh Berkali-kali

SURATKABAR.ID – Bukan rahasia lagi jika Ir. Sukarno, bapak proklamator kemerdekaan Indonesia pernah beberapa kali berhadapan dengan maut. Tak hanya sekali dua kali, sejak...

Amien Rais: Ada Siluman Tertentu yang Pecahkan Kita

SURATKABAR.ID - Mantan Ketua Majlis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Amien Rais mengungkapkan kekhawatiranya mengenai terpinggirkannya nilai-nilai Pancasila serta adanya kekuatan tertentu yang mecoba memecah belah...

Bikin Haru! Veteran 93 Tahun Ini Bagikan Kisah Perjuangannya Melawan Penjajah Bersama Jenderal Ahmad...

SURATKABAR.ID – Memperingati hari ulang tahun ke-72 negara kita, tak terbayang rasanya betapa besar perjuangan para pahlawan terdahulu demi kemerdekaan Republik Indonesia. Seperti yang...

Berbusana Adat Terbaik, Yasonna dan Oso Sumringah Terima Sepeda dari Jokowi

SURATKABAR.ID – Acara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2017) rupanya telah dipersiapkan Presiden Jokowi agar penuh kejutan....

Bersalaman dengan SBY, Tamu Negara Tepuk Tangan Meriah untuk Presiden

SURATKABAR.ID – Riuh rendah tepuk tangan para hadirin bergema di acara perayaan Hari Ulang Tahun Ke-72 Republik Indonesia, di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan,...

Akankah Kemenkumham Berikan Remisi pada Ahok Hari Ini?

SURATKABAR.ID – Remisi kepada Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) belum diberikan remisi oleh Yasonna H. Laoly selaku Menteri Hukum dan HAM. Remisi kepada mantan Gubernur...

TPN-OPM Serahkan Diri, TNI: Mereka Melihat Pembangunan di Papua Semakin Maju

SURATKABAR.ID – Tentara Pembebasan Nasional – Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) diberitakan sebelumnya merasa sangat tertipu oleh kelompok tertentu sehingga memutuskan untuk kembali bergabung dan...