Dipilih Trump Sebagai Jaksa Agung, Tapi Tentang Kebijakan Soal Muslim

000trump123SURATKABAR.ID – Pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS ke-45 tinggal menunggu hari. 20 Januari mendatang, ia akan resmi menggantikan Barack Obama sebagai orang nomor satu Amerika Serikat. Baru-baru ini Trump mengajukan Jeff Sessions sebagai calon Jaksa Agung. Jeff Sessions dikatakan menentang kebijakan yang melarang umat Islam memasuki AS.

Seperti dilansir Reuters dalam internasional.republika.co.id pada Selasa (10/01/2017), Sessions menyebut metode waterboarding yang akan diterapkan kepada muslim di AS merupakan bentuk penyiksaan yang ilegal dan tidak berprikemanusiaan.

Waterboarding sendiri merupakan teknik interogasi yang dikenakan kepada tahanan dengan cara mengikat tangan serta wajah, kemudian kepalanya ditutup dan dituangkan air. Waterboarding sudah digunakan untuk interogasi sejak zaman inkuisisi Spanyol guna memperoleh informasi, menghukum dan intimidasi.

Sebagai senator dari Partai Republik, Jeff Sessions menyampaikan pendapatnya ini sewaktu ia menanggapi pertanyaan di sidang ujian oleh Senat AS. Sessions menjadi orang pertama dalam kancah pemerintahan yang akan dibentuk Trump tahun ini.

Seperti yang telah diketahui, Trump pernah menyatakan waterboarding adalah teknik interogasi yang “efektif”. Dalam masa kampanyenya sewaktu pemilu 2016, Trump bersumpah akan menerapkan kembali teknik interograsi ini kepada muslim di AS.

Saat para anggota senat menanyai Sessions terkait apakah waterboarding merupakan penyiksaan, ia menjawab sejak Kongres AS mengeluarkan undang-undang, waterboarding atau bentuk penyiksaan lain adalah tidak dibenarkan dan ilegal untuk diterapkan.

Jeff Sessions yang dulunya dikenal sebagai Senator Alabama ini bersikukuh bahwa hukum jelas melarang waterboarding. Sessions menegaskan hal tersebut bisa menimbulkan masalah bagi Trump jika sang presiden secara Islamofobia mencoba untuk kembali menerapkannya bagi muslim AS saat ini.

Islamophobia sendiri merupakan istilah untuk menggambarkan prasangka dan diskriminasi pada Islam dan umat muslim. Istilah ini telah digunakan sejak tahun 1980an.

Sessions juga mengatakan ia tidak akan mendukung berbagai bentuk larangan terhadap siapa pun atas dasar agama. Ia mengatakan niat Trump untuk memblokir orang yang berasal dari negara tempat teroris bersembunyi tidak semuanya merupakan umat Islam. Dengan kata lain, Session menentang sikap Trump yang cenderung Islamofobia.

Sebelumnya, Jeff Sessions disebut-sebut merupakan salah satu kandidat terkuat yang akan dicalonkan sebagai Menteri Pertahanan. Namun keputusan terakhir telah menetapkan Sessions sebagai Jaksa Agung.

Sementara itu, Mike Pompeo juga telah ditunjuk sebagai Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) sedangkan posisi Penasihat Keamanan Kepresidenan diberikan kepada Jenderal (Purn.) Michael Flynn.

Komentar

komentar


Terbaru

Lama Tak Muncul di Layar Kaca Setelah Menikah, Begini Kehidupan Mengejutkan Kadek Devi

SURATKABAR.ID – FTV merupakan salah satu acara yang banyak ditonton. Bahkan sampai detik ini juga masih sangat diminati. Hal ini tak lepas dari kisahnya...

Sigap! Polisi Arab Saudi Gagalkan Serangan Bom Bunuh Diri di Masjidil Haram

SURATKABAR.ID – Pihak Menteri Dalam Negeri Arab Saudi menyebutkan pasukan keamanan telah berhasil mencegah serangan yang diarahkan ke Masjidil Haram di Mekkah. Satu orang...

Si Penyebar Foto Duta yang Bayar Sekolah dengan Uang Receh Sempat Merasa Bersalah dan...

SURATKABAR.ID – Agung Dwi Lasmono, guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Magelang mengaku dirinya sempat tak bisa tertidur setelah menyebarkan foto Eka...

Keterlaluan! ISIS Ledakkan Masjid Paling Dihormati dan Bersejarah di Irak

SURATKABAR.ID – Pada Rabu (21/6/2017), warga Irak dikagetkan oleh serangan tentara ISIS yang meledakkan salah satu situs paling dihormati yakni Masjid Grand Nouri. Bahkan...

Masjid Ditutup Pemerintah, Puluhan Muslim Myanmar Salat di Bawah Guyuran Hujan

SURATKABAR.ID – Ramadan bagi umat muslim merupkan momen yang spesial yang datangnya hanya satu tahun sekali. Banyak muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala  dengan memperbanyak...

Usai Tendang Motor, Bima Arya Kini Tunjuk Juara Tinju Kelas Berat Jadi Kasi Parkir

SURATKABAR.ID - Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, telah mengganti Kasi Perpakiran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Rudi Partawidjaja. Posisi Rudi digantikan oleh Suratman. "Pagi...

Bangga pada AHY, SBY: Insyaallah Kemenangan Sudah di Ambang Pintu

SURATKABAR.ID – Ketua Umum Partai Demokrat yakni Susilo Bambang Yudhoyono mengaku menaruh kebanggaan tersendiri pada kebesaran jiwa putra sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY...