Dipilih Trump Sebagai Jaksa Agung, Tapi Tentang Kebijakan Soal Muslim

000trump123SURATKABAR.ID – Pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS ke-45 tinggal menunggu hari. 20 Januari mendatang, ia akan resmi menggantikan Barack Obama sebagai orang nomor satu Amerika Serikat. Baru-baru ini Trump mengajukan Jeff Sessions sebagai calon Jaksa Agung. Jeff Sessions dikatakan menentang kebijakan yang melarang umat Islam memasuki AS.

Seperti dilansir Reuters dalam internasional.republika.co.id pada Selasa (10/01/2017), Sessions menyebut metode waterboarding yang akan diterapkan kepada muslim di AS merupakan bentuk penyiksaan yang ilegal dan tidak berprikemanusiaan.

Waterboarding sendiri merupakan teknik interogasi yang dikenakan kepada tahanan dengan cara mengikat tangan serta wajah, kemudian kepalanya ditutup dan dituangkan air. Waterboarding sudah digunakan untuk interogasi sejak zaman inkuisisi Spanyol guna memperoleh informasi, menghukum dan intimidasi.

Sebagai senator dari Partai Republik, Jeff Sessions menyampaikan pendapatnya ini sewaktu ia menanggapi pertanyaan di sidang ujian oleh Senat AS. Sessions menjadi orang pertama dalam kancah pemerintahan yang akan dibentuk Trump tahun ini.

Seperti yang telah diketahui, Trump pernah menyatakan waterboarding adalah teknik interogasi yang “efektif”. Dalam masa kampanyenya sewaktu pemilu 2016, Trump bersumpah akan menerapkan kembali teknik interograsi ini kepada muslim di AS.

Saat para anggota senat menanyai Sessions terkait apakah waterboarding merupakan penyiksaan, ia menjawab sejak Kongres AS mengeluarkan undang-undang, waterboarding atau bentuk penyiksaan lain adalah tidak dibenarkan dan ilegal untuk diterapkan.

Jeff Sessions yang dulunya dikenal sebagai Senator Alabama ini bersikukuh bahwa hukum jelas melarang waterboarding. Sessions menegaskan hal tersebut bisa menimbulkan masalah bagi Trump jika sang presiden secara Islamofobia mencoba untuk kembali menerapkannya bagi muslim AS saat ini.

Islamophobia sendiri merupakan istilah untuk menggambarkan prasangka dan diskriminasi pada Islam dan umat muslim. Istilah ini telah digunakan sejak tahun 1980an.

Sessions juga mengatakan ia tidak akan mendukung berbagai bentuk larangan terhadap siapa pun atas dasar agama. Ia mengatakan niat Trump untuk memblokir orang yang berasal dari negara tempat teroris bersembunyi tidak semuanya merupakan umat Islam. Dengan kata lain, Session menentang sikap Trump yang cenderung Islamofobia.

Sebelumnya, Jeff Sessions disebut-sebut merupakan salah satu kandidat terkuat yang akan dicalonkan sebagai Menteri Pertahanan. Namun keputusan terakhir telah menetapkan Sessions sebagai Jaksa Agung.

Sementara itu, Mike Pompeo juga telah ditunjuk sebagai Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) sedangkan posisi Penasihat Keamanan Kepresidenan diberikan kepada Jenderal (Purn.) Michael Flynn.

Komentar

komentar


Terbaru

Ini Komentar FPI Terkait Penolakan Gereja Santa di Bekasi

SURATKABAR.ID – Aang Khunaifi yang merupakan Ketua Front Pembela Islam (FPI) cabang Babelan, Bekasi, menolak tuduhan “biang keladi kericuhan saat aksi penolakan pembangunan Gereja...

Djan Faridz Akan Maafkan Haji Lulung dengan Syarat…

SURATKABAR.ID - Djan Faridz selaku Ketua Umum PPP versi Muktamar Jakarta berjanji akan memaafkan Abraham Lunggana atau Haji Lulung dengan satu syarat—berbalik mendukung Ahok-Djarot...

Sarman Akhirnya Bebas dari Penjara Setelah Dituduh Lakukan Tindakan Asusila di Masjidil Haram

SURATKABAR.ID - Jamaah umrah asal Jawa Tengah bernama Mbah Sarman akhirnya bisa dipulangkan ke Tanah Air oleh Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Jeddah, Arab...

Mengejutkan! Begini Curahan Hati Rhoma Irama Ketahui Ridho Nyabu

SURATKABAR.ID – Pada Jumat (24/3/2017), netizen digegerkan oleh penangkapan penyanyi dangdut Ridho Irama atau Ridho Rhoma di kawasan Daan Mogot. Dalam penangkapan tersebut, polisi...

Benarkah Video Ini Buktikan Hingga Saat Ini Masih Ada Suku Purba Yang Hidup di...

SURATKABAR.ID - Baru-baru ini, sebuah akun Youtube bernama Fredography membuat sebuah kehebohan dengan video yang ia unggah. Pasalnya, dalam video yang diunggahnya sempat terlihat sosok misterius...

Video Viral! Aksi Dua Ibu-Ibu ‘Terkam’ Jambret Sampai Lari Terbirit-birit

SURATKABAR.ID – Sebuah video rekaman CCTV belakangan ini viral di media sosial. Video tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Arie Mursadi. Dalam caption di...

Heboh! Soal Ini SID Tolak Mentah -Mentah Tawaran Rp 1M Dari Presiden Jokowi

SURATKABAR.ID - Presiden Joko Widodo membuat program #jokowimenjawab pada Februari 2017 lalu. Program tersebut bermaksud memberi ruang bagi anak muda untuk bebas mengirimkan pertanyaan...