Tak Disangka! Kota Tertua di Dunia Ternyata Ada di Indonesia


750x500-ini-kota-tertua-di-indonesia-dan-dunia-161215f


SURATKABAR.ID Negeri kita Indonesia memang kaya akan berbagai hal. Selain sumber daya dan keindahan alam nan memukau, ternyata kekayaan budaya dan sejarah Nusantara ini begitu kental dan seperti tak pernah habis untuk di eksplorasi.

Indonesia boleh berbangga. Selain memiliki pulau karang terbesar ketiga di dunia, negeri ini secara mengejutkan ternyata juga punya kota tertua di Indonesia bahkan bisa dibilang di dunia.

Kota yang dimaksud itu adalah Palembang yang menjadi Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan. Kota yang juga terbesar kedua di Sumatera dan Medan itu diakui tertua di dunia, berdasarkan data yang dikumpulkan dalam laman Thirllist.com via Otonomi.id.

Laman situs itu menyebutkan, Palembang menjadi salah satu dari 10 kota tertua di dunia. Kota ini pada dahulu kala pernah menjadi ibu kota kerajaan bahari terbesar di Asia Tenggara, Sriwijaya, dan bertahan hingga saat ini.

Saat itu, Kerajaan Sriwijaya mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke-9, hingga membuat kota ini dikenal dengan julukan ‘Bumi Sriwijaya’.

Bukan hanya itu saja, Kota Palembang juga menjadi rute penting perdagangan antara Cina dan India dan tempat berlabuhnya para pedangang dari Jepang, India, Arab, dan Melayu. Kota itu juga menjadi pintu gerbang penyebaran Islam.

Jadi kira-kira berapa usia Kota Palembang saat ini? Berdasarkan catatan sejarah di laman tersebut, Palembang sudah berdiri sejak tahun 682 yang berarti usianya saat ini sudah 1.334.

Nah orang-orang Eropa yang ke Palembang menjuluki kota itu sebagai Venice of The East yang artinya Venesia dari Timur.

Itu karena mereka melihat Palembang sebagai kota yang penuh dengan air. Misalnya saja adanya sungai musi yang membelah kota dengan anak-anak sungainya yang mengalir berpencar memecah keindahan kota yang juga terkenal dengan panganan Pempek nya ini.

Berdasar catatan Wikipedia, Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Kota Palembang memiliki luas wilayah 358,55 km² yang dihuni 1,8 juta orang dengan kepadatan penduduk 4.800 per km².

 Diprediksikan pada tahun 2030 mendatang kota ini akan dihuni 2,5 Juta orang. Pembangunan LRT (kereta api layang), dan rencana pembangunan sirkuit motor GP di kawasan Jakabaring dan sirkuit F1 di kawasan Tanjung Api-Api, merupakan proyek pengembangan Kota Palembang terkini.

Berdasarkan Prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang yang menyatakan pembentukan sebuah wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada tanggal 16 Juni 688 Masehi menjadikan kota Palembang sebagai kota tertua di Indonesia.

 

Komentar

komentar