Bicara Soal Ekonomi Indonesia, Jokowi Sebut Ada Masalah Besar


SURATKABAR.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait persoalan perekonomian yang dialami Indonesia. Menurutnya, perekonomian Indonesia tengah dihadapkan dengan masalah besar, di mana impor lebih tinggi ketimbang ekspor.

Hal tersebut, seperti dilansir dari laman Kompas.com pada Senin (3/12/2018), diungkapkan Jokowi dalam acara pelepasan ekspor 1,5 juta unit motor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Senin (3/12) lalu.

“Negara kita memiliki problem besar, yaitu impor yang lebih besar dari ekspor,” ujar Jokowi di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (3/12).

Oleh karena itu, Jokowi mengaku gembira Indonesia dapat melepas 1,5 juta unit sepeda motor ke 45 negara di 5 benua. Menurutnya, ekspor dalam jumlah besar seperti ini bakal memperbaiki current account defisit negara. Seperti yang diketahui, current account defisit negara saat ini kurang baik.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengapresiasi ekspor motor Yamaha. Pasalnya, muatan kontan lokal dari setiap unit kendaraan bermotor roda dua mencapai 94 persen.

Baca Juga: Malangnya Nasib Jagung Era Jokowi, Klaim Surplus Tapi Kok Minta Impor?

“Ini jumlah yang besar. Investasi-investasi seperti inilah yang kita cari. Karena kalau hanya ekspor, tapi bahan bakunya impor, inilah yang menyebabkan transaksi keuangan defisit. Oleh sebab itu, saya sangat menghargai apa yang dilakukan Yamaha,” tutur Jokowi.

Saat ini, Jokowi menerima informasi bahwa sebanyak 25 persen diperuntukkan ekspor. Sedangkan sebesar 75 persen lainnya untuk memenuhi permintaan dalam negeri. Namun ia berharap, dalam jangka lima tahun ke depan, keadaan ekspor dan kebutuhan dalam negeri bisa berbalik dari angka saat ini.

Hadir dalam acara pelepasan ekspor 1,5 juta unit motor Yamaha, Jokowi didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi, dan jajaran Yamaha Group beserta Stakeholders terkait lain.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sendiri mendapat kepercayaan dari principal Yamaha Jepang untuk memenuhi kebutuhan sepeda motor Yamaha di pasar internasional. Yamaha Indonesia, melalui kerja nyata anak bangsa, berhasil bertransformasi menjadi pabrik eksportir terbesar dunia dalam jajaran Yamaha Group.