Pidato in English, Prabowo Sindir Pemerintah Tutupi Realita Ekonomi RI


SURATKABAR.ID – Prabowo Subianto selaku Calon Presiden Indonesia nomor urut 02 menyindir pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, pemerintahan era Jokowi telah menutupi realita ekonomi Indonesia. Pasalnya, menurut penilaian Ketua Umum Gerindra tersebut, perekonomian Indonesia saat ini tidak sebaik yang kerap dikatakan pemerintah.

Menukil laporan SindoNews.com, Rabu (21/11/2018), Prabowo menganalogikan negara dan ekonomi sebagai manusia dan sistem yang ada di dalam tubuhnya. Layaknya men sana in corpore sano, jika kita mengelola tubuh dengan baik serta mempraktekkan kegiatan yang sehat, maka kita juga akan memiliki tubuh yang sehat.

“Begitupun negara. Kalau kita manage negara, sumber daya, tidak melakukan malpraktek, unhealthy action, negara akan sehat, sejahtera, dan bertahan dalam jangka panjang,” papar Prabowo dalam acara Indonesia Economic Forum di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Prabowo juga menambahkan, jika sistem dalam tubuh mengalami gangguan, maka manusia harus melakukan medical check up dan menerima intervensi medis. Hal itu perlu dilakukan segera agar sistem dalam tubuh kembali normal. Begitupun dengan sebuah negara, jika terjadi gangguan, maka segerakanlah perbaikannya.

“Kita juga harus cek seluruh indikator permasalahan dalam negara kita. Key indicator or KPI dan compare ourselves dengan our peer bukan dengan Germany, Canada, US. Tapi peer seperti Thailand, Malayasia, Singapura, Filipina, dan Vietnam,” imbuh Prabowo kemudian.

Baca juga: Bangun Infrastuktur dari Utang ke China, 3 Negara Ini Malah Bangkrut

Prabowo juga menilai, pemerintah justru terkesan menutupi gangguan yang tengah terjadi pada negara ini. Berbagai indikator menunjukkan gangguan itu, seperti Human Development Index Indonesia yang berada di peringkat 113 dari 188 negara, dan 65% masyarakat Indonesia pun saat ini disebut masih belum berpendidikan.

“Jadi saat kita cek darah kita di lab, cek ginjal, di lab dan kita marah dengan kondisi tubuh kita terus kita minta lab untuk mengubah hasilnya karena tidak ingin melihat indikator yang salah dalam tubuh kita. Ini mungkin yang terjadi di lab Indonesia,” tegasnya menambahkan.

Berpidato Pakai Bahasa Inggris

Berdasarkan pantauan di lokasi, Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Prabowo tiba pukul 10.21 WIB, Rabu (21/11/2018). Ia hadir mengenakan pakaian beskap Betawi.  Tampak mendampingi Prabowo, pengusaha Maher Algadri. Setiba di lokasi, eks Danjen Kopassus itu langsung masuk ke ballroom tempat acara berlangsung.

Di dalam ruangan, Prabowo menyalami para tamu undangan lainnya. Prabowo juga duduk satu meja dengan Ilham Akbar Habibie. Prabowo menyampaikan pidatonya tersebut dengan menggunakan bahasa Inggris, sebagaiaman dilansir laporan Detik.com.

Ladies and gentlemen (bapak dan ibu), I would like to thank you for the invitation to speak on this conference, thank you (saya berterima kasih atas undangan menjadi pembicara pada konferensi ini, terima kasih). Pak Ilham is here, Pak Gita Wirjawan. Im very honor for this invitation (saya sangat terhormat atas undangan ini), I rarely to get the invitation (saya jarang mendapat undangan),” ungkap Prabowo.

Prabowo berbicara soal sistem ekonomi negara dan memberikan analogi sistem ekonomi seperti tubuh manusia.

Talk about country especialy about economy (berbicara soal negara khususnya ekonomi), we can use the analogy human body (kita bisa menggunakan analogi tubuh manusia). It’s a system (Ini adalah sistem), many system (banyak sistem). And if we take care of the body (dan jika kita merawat tubuh), we maintain the body (kita mengurus ketahanan tubuh), we manage the body (kita mengatur tubuh), we have a good lifestyle (kita memiliki gaya hidup yang baik),” urainya.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.id
Jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?
Klik 'Vote!' untuk melihat hasil polling sementara.