Heboh Safari Politik ke Pasar di Bandung, Jokowi Belanja Ayam


SURATKABAR.ID – Masih dalam rangka kunjungan kerja ke Bandung, Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) menyambangi Pasar Cihaurgeulis, Bandung, Minggu (11/10/2018). Diakui calon presiden nomor urut 01 tersebut, masih ada harga sejumlah bahan pokok yang tinggi di pasar. Contohnya saja yaitu harga cabai yang masih berada pada angka Rp 40.000 per kilogram.

“Memang tidak bisa kita menghendaki harga cabai sampai Rp 10.000, harga bawang sampai Rp 5.000, petaninya yang kasihan,” tutur Jokowi usai blusukan ke Pasar Cihaurgeulis, Bandung, Minggu (11/10/2018), menukil Kompas.com.

Jokowi berpendapat, pemerintah selalu berupaya menjaga keseimbangan agar harga pada posisi normal. Petani sebagai produsen senang karena hasil kerjanya dihargai dengan layak. Masyarakat juga senang lantaran harga-harga tidak fluktuatif.

Kendati harga cabai masih relatif tinggi, namun Jokowi menekankan banyak juga bahan kebutuhan pokok lain yang harganya murah. Satu ikat kangkung dijual Rp 2.000. Sedangkan satu ikat daun singkong juga dijual dengan harga yang sama.

Sementara itu, telur yang semula Rp 28.000 kini turun Rp 20.000-Rp 22.000. Adapun harga daging ayam naik sedikit dari Rp 28.000-Rp 30.000 menjadi Rp 33.000-Rp 35.000.

Baca juga: Pengunjung Histeris Minta Foto Bareng Jokowi di Mall Bandung

“Saya membandingkan pasar di Tangerang, pasar di Bogor, pasar di Bandung harga semuanya sama,” imbuh Jokowi.

Dalam safari politik ke pasar tersebut, Jokowi didampingi sejumlah pejabat dan tim suksesnya. Yang tampak hadir mendampingi antara lain yakni Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Koordinasi Staf Khusus Presiden Teten Masduki, dan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita.

Selain itu, ada juga Menteri Perindustrian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto serta mantan Wali Kota Bandung yang kini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Presiden RI Ir. Joko Widodo melakukan blusukan ke Pasar Cihaurgeulis, Bandung, Minggu (11/10/2018) pagi. Tiba di pasar itu sekitar pukul 07.25 WIB, kehadiran Kepala Negara membuat heboh pedagang dan masyarakat yang ada di pasar itu. Sebagian berebut untuk bersalaman dan berfoto bersamanya.

Tak hanya itu, Presiden juga sempat berdialog dengan pedagang dan menanyakan harga-harga bahan pokok yang dijual. Calon presiden nomor urut 01 itu pun sempat berbelanja sejumlah bahan pokok, seperti ayam dan sayur mayur.

Seorang Paspampres membawa belanjaan itu dan memasukkannya ke bagasi mobil. Setelah berada di pasar selama 20 menit, Jokowi lalu meluncur ke Jalan Ir Juanda untuk menghadiri car free day. Jokowi berada di Bandung sejak Sabtu kemarin. Kedatangannya dimaksudkan untuk memperingati Hari Pahlawan hingga melakukan konsolidasi dengan parpol pendukung di Jabar.

Bikin Heboh Warga di CFD Bandung

Kehadiran Kepala Negara di lokasi car free day di Jalan Ir Juanda, Bandung, Minggu (11/10/2018) pagi juga membuat warga heboh. Jokowi dan rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 08.00 WIB. Sebagian masyarakat Bandung yang berada di lokasi berebut untuk bersalaman dan berfoto dengan calon presiden nomor urut 01 itu.

Meski demikian, ada juga masyarakat yang hanya menyaksikan kehadiran Jokowi dari kejauhan dan tetap berolahraga. Jokowi datang dengan mengenakan kaus berwarna olive lengan panjang, lalu berjalan sekitar 100 meter menyusuri Jalan Ir Juanda. Jokowi dengan sabar meladeni masyarakat yang ingin bersalaman dan berfoto bersama selama berjalan.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.id
Jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?
Klik 'Vote!' untuk melihat hasil polling sementara.