Miris! Nekat Langgar Lalu Lintas, Para Pengendara Motor Ini Juga Rusak Trotoar


SURATKABAR.ID – Trotoar merupakan hak pejalan kaki. Namun, kini trotoar makin sering disalahgunakan oleh pengendara motor.

Dengan niat agar segera terlepas dari kemacetan, sejumlah pengendara motor nekat naik ke trotoar dan melajukan motornya tanpa merasa bersalah. Kejadian seperti ini seakan menjadi pemandangan sehari-hari di Ibu Kota. Salah satunya adalah yang terjadi di daerah Casablanca, Jakarta Selatan.

Dilansir dari liputan6.com, Rabu (8/11/2018), akun Facebook Koalisi Pejalan Kaki mengunggah sebuah video di media sosial populer tersebut. Terlihat, sejumlah pengendara motor berada di atas trotoar yang seharusnya diperuntukkan bagi pejalan kaki.

Dalam video, terlihat kondisi lalu lintas saat itu memang cukup padat. Namun, kepadatan jalan tersebut malah digunakan sebagai kesempatan untuk melanggar lalu lintas oleh sejumlah orang.

Baca juga: Astaga! Mabuk dengan Rebusan Air Pembalut Kini Jadi Tren di Jateng dan Jakarta

Namun, yang mereka lakukan bukan cuma melanggar lalu lintas dengan naik ke trotoar. Mereka juga beramai-ramai merusak trotoar agar bisa dilalui motor dengan leluasa. Dalam video, terlihat sejumlah pemotor yang menggeser pembatas trotoar agar ada ruangan kecil untuk lewat.

Setelah kondisi trotoar sudah cukup sepi, ada seorang pejalan kaki yang kembali menggeser pembatas dan menutup celah yang bisa dilewati motor.

Meski begitu, masih ada saja pemotor yang nekat menaikkan motornya ke trotoar. Bahkan, mereka lewat disamping pembatas agar motornya bisa tetap melaju. Padahal, kondisi lalu lintas saar itu tak begitu macet, meski agak tersendat.

Video ini pun langsung jadi perhatian netizen. Hingga Kamis (8/11/2018) malam, unggahan tersebut telah dibagikan lebih dari 1.000 kali dan ditonton lebih dari 118 ribu kali.

Netizen juga mengomentari postingan tersebut dan kecewa terhadap perilaku para pemotor. “Jalanan lancar aj masih lewat trotoar anj*y mau ny apa si,” tulis salah satu netizen.

Entah otak2 mereka terbuat dari apa ya. Kurang sekolah, kurang edukasi, kurang uang, apa kurang apa ya ?” tulis netizen yang lain.

Selain itu, ada pula netizen yang menyinggung soal pelaku dalam video. Sebab, terlihat pelaku mengenakan jaket berwarna hijau yang identik dengan kostum driver ojek online.

Tuh liat driver online kebanyakan yg melanggar, katanya safety riding!!” tegas netizen.

#Zookarta ?

Posted by Koalisi Pejalan Kaki on Tuesday, November 6, 2018