Viral Foto Jadul Tahun 1940-an Gegerkan Dunia Maya karena Sosok Ini


SURATKABAR.ID – Jika dilihat sekilas, tampaknya tak ada yang aneh dalam foto ini. Foto ini menunjukkan para wisatawan di sebuah pantai. Namun siapa sangka, jagad dunia maya jadi geger karena foto yang kini viral tersebut. Setelah diperhatikan dengan saksama oleh para netizen, sebuah kejanggalan mengejutkan pun terungkap.

Dilansir dari laman OkeZone.com, Kamis (11/10/2018), foto yang diambil dari sudut pandang mata elang ini membuat para pengguna media sosial meyakini ada seorang penjelajah waktu yang muncul dalam foto itu.

Diberitakan oleh laman Mirror, Senin (08/10/2018), di sekeliling puluhan orang yang sedang berjemur dan menikmati sinar matahari musim panas pada September 1943 tersebut, ada seseorang yang dianggap datang dari masa depan.

Pasalnya, pria tersebut terlihat sedang menggunakan sebuah telepon genggam, yang pada masa itu tentu saja belum ada. Telepon genggam belum ditemukan di tahun 1943.

Foto yang diambil di Towan Beach, Cornwall, Inggris Raya tersebut, diunggah secara online oleh netizen bernama Stuart Humphrys, yang awalnya sempat tak terlihat. Dalam unggahannya, dia menuliskan “Para pekerja melarikan diri ke pantai Cornish, foto ini diambil pada September 1943.”

Baca juga: Misterius! Kisah 7 Orang yang Mengaku Berpetualang Menembus Waktu

Orang yang dianggap datang dari masa depan dan dijuluki sebagai penjelajah waktu itu tampak mengenakan celana panjang yang digulung dengan topi panama di kepalanya. Ia tengah berdiri di sisi kursi dek.

Pria yang mengenakan setelan serba coklat ini tampak seperti sedang memperhatikan sesuatu yang digenggamnya. Layaknya masyarakat urban masa kini yang kerap berdiri sambil memainkan telepon genggam, pose pria ini pun dianggap sangat mirip!

Sontak, foto yang entah diabadikan oleh fotografer siapa pun ini serta-merta langsung menghebohkan media sosial. Banyak netizen yang terkejut, penasaran, dan bertanya-tanya kebenaran dari benda yang dipegang oleh si pria.

“Foto yang bagus. Sudah jelas pria yang ada di dalam foto itu adalah penjelajah waktu yang sedang memeriksa perangkat mobile-nya. Akhirnya bukti yang kita butuhkan untuk membuktikan perjalanan waktu itu nyata,” tulis Dr Kevin Purcell.

Namun, meskipun banyak yang meyakini benda yang sedang diperhatikan si pria ialah telepon genggam, beberapa netizen bersikap skeptis menanggapinya. Termasuk yang mengunggahnya.

“Saya kira orang itu sedang melinting rokoknya,” tulis Mr. Humphrys.