Pria Ini Dulunya Anak Tukang Becak, Kini Jadi Orang Terkaya ke-8 di Indonesia!


 SURATKABAR.ID – Sebagaimana nasib seseorang bisa berubah, roda perekonomian seseorang pun bisa ikut berubah karenanya. Sebagaimana kisah Dato’ Sri Tahir—dengan nama lahir Ang Tjoen Ming (66). Bahkan dulu, pria kelahiran Surabaya, 26 Maret 1952 ini sempat hidup serba susah. Ayahnya seorang pemilik becak yang disewakan kepada tetangga. Dari hasil tersebut ia bisa bertahan dengan keluarga. Seolah bertolak belakang dengan kesuksesannya saat ini, kini ia malah jadi orang terkaya di Indonesia.

Berdasarkan info yang dilansir dari laman Wikipedia.org, Jumat (14/09/2018), Dato’ Sri Tahir kini dikenal sebagai salah satu orang tersukses di Tanah Air berkat kemampuan berbisnisnya yang gemilang. Tak hanya menjadi pengusaha, ia juga merupakan seorang investor, filantropis, sekaligus pendiri Mayapada Group. Mayapada Group sendiri merupakan sebuah holding company yang dengan beberapa unit usaha di Indonesia.

Unit usahanya ini meliputi media cetak dan TV berbayar, perbankan, properti, rumah sakit dan rantai toko bebas pajak/duty free shopping (DFS). Dato’ Sri Tahir kini dikenal karena mampu menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Pada tahun 1986, Dato’ Sri Tahir mendirikan Mayapada Group yang kini tumbuh menjadi konglomerat berbasis Indonesia. Pertama memulai usahanya dalam bidang pakaian dan manufaktur tekstil bisnis, usahanya kian sukses. Empat  tahun kemudian, ia mendirikan Bank Mayapada.

Seperti apa sepak terjangnya dalam dunia bisnis? Berikut fakta-faktanya sebagaimana dikutip dari laporan Kumparan.com.

Baca juga: Sebut ‘Thanos’ dalam Pidato di Forum Ekonomi Dunia, Siapa yang Dimaksudkan Jokowi?

  1. Pendiri Mayapada Group

Tahun 1986, Dato Sri Tahir berhasil mendirikan Mayapada Group. Dalam bisnis barunya itu ia juga berhasil merambah ke berbagai bidang, seperti dealer mobil, perbankan, hingga kesehatan.

Selain itu, ia juga menjadi CEO dari beberapa usaha, seperti PT Zurich Topas Life (Zurich Insurance Group), PT Sompo Insurance Indonesia, Duty Free Shoppers Indonesia, Mall Bali Galeria, PT Topas Multi Finance, Bank Mayapada, Bali Regent Hotel, dan Tahir Foundation.

  1. Masuk Forbes tahun 2017

Pada 2017, Forbes merilis 10 orang terkaya di Indonesia dan Dato Sri Tahir masuk dalam jajaran tersebut. Tahir dinobatkan oleh majalah ekonomi tersebut sebagai orang terkaya nomor ke-8 dengan kekayaan sebesar USD 3,5 miliar.

  1. Teman Baik Bill Gates

Sebagai pengusaha pendiri Mayapada, Tahir bisa dibilang orang yang cukup dekat dengan Bill Gates. Dia pernah membawa orang terkaya di dunia itu datang ke Indonesia untuk misi kemanusiaan dengan membuat program kesehatan. Hingga kini, program kesehatan yang dimaksud masih dijalankan.