Siap Bertarung, Tim Pemenangan KIK Sudah Ada di 24 Provinsi


SURATKABAR.ID – Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Arsul Sani mengklaim, pihaknya sudah membentuk struktur Tim Kampanye Daerah (TKD) di 24 provinsi dari 32 provinsi di Indonesia. Menurut Arsul, struktur TKD di delapan daerah tersisa ditargetkan selesai pada pekan ini.

“Sampai pagi ini ada sekitar 24 provinsi TKD tingkat provinsi yang sudah terbentuk strukturnya, dan insyaallah dalam satu atau dua hari ini diselesaikan di akhir pekan ini. Itu sedang disusun,” ujar Arsul di Media Center KIK, Jalan Cemara, Menteng,” Jakarta, Jumat (14/9/18) dilansir dari republika.co.id.

Arsul mengungkap para kepala daerah yang juga kader parpol koalisi Joko Widowi-Ma’ruf Amin juga akan ikut bergabung dalam TKD di masing-masing daerah. Namun, Arsul memastikan, para kepala daerah tersebut tidak akan menjabat sebagai ketua TKD di daerahnya.

Hal ini sesuai dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang melarang kepala daerah menjabat sebagai ketua tim pemenangan di daerah. “Mereka tentu akan bergabung di TKD. Namun posisinya tentu tidak sebagai ketua TKD, nanti apakah sebagai pengarah sebagai penasehat saya kira itu yang masih akan difinalkan,” kata Arsul.

Baca Juga: Hebat! Jokowi Kawal Ekspansi Go-jek Ke Vietnam 

Arsul mengungkapkan, dalam TKD yang telah terbentuk juga tidak ada kepala daerah yang menjabat dalam struktur pemenangan di daerah. Kecuali, kata Arsul, gubernur terpilih Pilkada 2018 yang hingga pelaksanaan Pilpres 2019 belum akan dilantik sebagai kepala daerah.

Menurut Arsul, ada beberapa gubernur terpilih yang baru akan menjabat pada Mei 2019. “Jadi ketua TKD itu bukan kepala daerah yang aktif. Kecuali mereka kepala daerah terpilih, adalah nggak usaha saya ini, tapi okelah saya kasih contoh Pak Murad Ismail. Itu gubernur terpilih Maluku,” kata Arsul.

Sebelumnya, Koalisi Indonesia Kerja akan mengerahkan para kepala daerah untuk mendukung pemenangan Jokowi-Ma’ruf dalam Pilpres 2019. Sejumlah Kepala Daerah yang telah menyebut akan mendukung Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019.

Mereka di antaranya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama wakilnya Uu Ruzhanul Ulum. Kemudian, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan wakilnya Taj Yasin Maimoen. Ada pula Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan yang terpilih Khofifah Indar Parawansa.