Miris! Nasib Tragis Pencipta Lagu Poco-Poco Tak Sepopuler Karyanya

SURATKABAR.IDArie Sapulette (58) adalah pencipta lagu Poco-poco. Arie tengah berada di kamarnya yang gelap. Dia meracau dan marah-marah sendiri.

Sudah 18 tahun Arie mengidap skizofrenia. Saat karyanya dibawakan oleh 65.000 orang dalam acara The Largest Pocopoco Dance untuk mencetak rekor dunia pada Minggu (5/8/2018), Arie hanya mengurung diri di rumah.

Ayah Arie, Zefnath Sapulette (84) menceritakan, putranya sering menghindar saat ada orang yang tidak dikenalnya datang ke rumah.

Musisi kelahiran Ternate itu dirawat oleh sang ayah, seorang purnawirawan TNI Angkatan Darat dan adiknya, Ferry Sapulette (56).

Mereka kini tinggal di sebuah rumah sederhana di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Baca juga: Pernah Sabet Gelar Ratu Sejagad, Lihat Nasib 7 Juara Miss Universe Sekarang. Ada yang Jadi …

Keluarganya harus bekerja keras untuk merawat dan menghidupi Arie, karena istri dan anaknya tak mau lagi tinggal bersama sejak ia sakit.

Keluarganya juga berusaha membawa Arie ke beberapa rumah sakit jiwa, tetapi sia-sia sampai akhirnya mereka memutuskan merawat Arie di rumah.

Ferry berkisah, kakaknya mulai sering menyendiri saat bekerja di kantor Departemen Tenaga Kerja (Depnaker) di Ternate, Maluku Utara, sebagai tenaga honorer.

Setelah bekerja selama 10 tahun, ia tak pernah diangkat menjadi pegawai tetap. Sejak saat itulah Arie menjadi pemurung dan pemarah. Situasi seperti itu sempat terkendali saat mereka membentuk band.

Sayangnya hal itu tak berlangsung lama. Ia kembali menjadi pemurung dan pemarah. Dokter di beberapa rumah sakit jiwa menyatakan Arie menderita skizofrenia.

Jiwa seni Arie sudah muncul sejak ia duduk di bangku sekolah dasar (SD). Sampai saat dirinya lulus SMA, merantau ke Jakarta. Kemudian bersama saudara sepupunya, Roni, membentuk band bernama Nanaku Group.

Mereka mendirikan perusahaan rekaman PT Kie Raha Intraprindo (KRI).

“Kami menciptakan, merekam, dan menjual album produksi kami,” ungkap Melki, Direktur KRI, dikutip Kompas.id, Kamis (9/8/2018).

Lagu Poco-poco diciptakan Arie sesuai perkembangan gaya hidup muda-mudi pada 1990-an. Lagu itu menceritakan tentang bayi lucu dan mungil. Istilah poco-poco sendiri dikembangkan Arie menjadi seorang gadis cantik.

Poco-poco diambil dari bahasa Manado. Gerakannya terinspirasi dari gerakan tentara yang sedang senam pagi.