3 Tokoh yang Dulu Jadi Timses Prabowo Tapi Kini Merapat ke Jokowi


SURATKABAR.ID Konstalasi politik bergerak cukup dinamis, sehingga tidak sedikit tokoh yang kemudian beralih dukungan politik. Salah satu contoh mengenai peralihan dukungan tersebut ditunjukan oleh sejumlah tokoh yang pada Pilpres 2014 lalu menjadi bagian dari tim pemenangan Prabowo Subianto, namun saat ini merapat ke kubu Joko Widodo (Jokowi).

Sejumlah tokoh tersebut kini malah menginginkan Jokowi bisa memenangkan Pilpres 2019. Siapa saja mereka?

1. Ali Mochtar Ngabalin.

Seperti diwartakan liputan6.com, Ngabalin tercatat menjadi anggota tim sukses pemenangan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa pada Pilpres 2014 silam.

Gaya ngabalin dalam berkampanye sempat menjadi perhatian publik, salah satunya ketika berpidato menyatakan siap mendesak Allah untuk berpihak kepada Prabowo-Hatta. “Kita mendesak Allah berpihak pada kebenaran, berpihak kepada Prabowo-Hatta Rajasa,” katanya.

Baca Juga: Gatot Tertangkap Kamera Sowan ke Trump Tower, Lakukan Gerak Senyap?

Akan tetapi belakangan Ngabalin tiba-tiba berbalik mendukung Jokowi, sosok yang sebelumnya menjadi lawan politiknya. Ia bahkan kini menduduki jabatan di Istana, Ngabalin diangkat menjadi Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden.

“Saya mengimbau, mengajak tidak ada cara lain kecuali kita harus berikan dukungan full kepada pemerintah agar bisa menyelesaikan urusan-urusan masyarakat,” katanya di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (24/5/2018), dikutip dari liputan6.com.

2. Idrus Marham

Mantan Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham, merupakan koordinator Koalisi Merah Putih (KMP) pada Pilpres 2014 silam. KMP merupakan koalisi yang mendukung Prabowo-Hatta untuk melawan Jokowi-Jusuf Kalla.

Ketika menjadi kubu yang berseberangan dengan Jokowi, Idrus kerap mengeluarkan pernyaaan pedas mengenai mantan gubernur DKI Jakarta tersebut. “Apakah DKI Jakarta masih macet? Apakah DKI Jakarta masih banjir?” katanya.

Akan tetapi sekarang semua berbalik, Idrus merapat ke kubu Jokowi. Ia bahkan mendapatkan jabatan sebagai menteri sosial menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang mundur karena ikut Pilkada Jatim.

Idrus kini sering menuji Jokowi, tidak seperti sebelumnya. Ia bahkan meyakini jika Jokowi bakal menang mutlak di Pilpres mendatang. “Kita punya keyakinan bahwa Jokowi dengan prestasi yang ada, peluangnya besar untuk memenangkan lebih dari 60 persen. Bahkan kita targetkan sampai 65 persen,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (16/4/2018), dikutip dari liputan6.com.

3. TGB Zainul Majdi

Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi pada Pilpres 2014 merupakan bagian dari tim pemenangan Prabowo-Hatta. Saat itu TGB menjabat ketua pemenangan Prabowo-Hatta di wilayah NTB. Ia bahkan sempat ditunjuk sebagai pemenangan Prabowo di Pilpres 2019 mendatang meskipun Prabowo sendiri belum secara resmi mendeklarasikan diri.

Baca Juga: TGB Dukung Jokowi, PA 212: Mungkin Tersandera yang Pernah Diperiksa KPK

Akan tetapi beberapa waktu lalu TGB mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan banyak pihak. Menjelang Pilpres 2019, TGB memuji Jokowi sebagai sosok yang bisa menghargai orang yang mau bekerja keras.

“Delapan kali Beliau ke NTB. Ini artinya Beliau melihat di NTB ada gerak pembangunan kerja nyata unutk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Saya melihat Beliau mau mengapresiasi orang-orang yang bekerja,” ujar TGB di SCTV Tower, Senayan, Jakarta, Selasa (3/7/2018), dikutip dari liputan6.com.

Menurutnya, Jokowi merupakan sosok pekerja keras. Oleh sebab itu, dirinya berpendapat jika mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut sangat layak untuk kembali mencalonkan diri di Pilpres 2019 mendatang.

“Suatu transformasi enggak cukup hanya lima tahun, ketika periodisasi maksimal 10 tahun. Saya rasa sangat fair kita beri kesempatan Beliau untuk kembali melanjutkan,” ucap TGB.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler

Loading...

Berita sebelumyaJokowi Layak Berduet dengan TGB di Pilpres 2019, Ini 4 Alasannya
Berita berikutnyaSedap! Makan Mie Ayam di Restoran Ini Bakal Dilayani dan Ditemani Janda-Janda Cantik