Tanggapannya Soal Panggilan ‘Cebong-Kampret’. TGB Tegas Katakan Begini


SURATKABAR.IDDalam Kajian Tauhid di Masjid Istiqlal, Tokoh agama Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) mengingatkan kepada sesama manusia, apalagi yang memiliki satu iman adalah bersaudara. Untuk itu, sesama manusia dilarang memanggil dengan gelar yang buruk, termasuk sebutan kecebong dan kampret.

“Jangan panggil memanggil dengan gelaran-gelaran yang buruk. Satu panggil kecebong, satu panggil kampret. Jangan ikutan ya. Jangan ikutan manggil kampret, manggil kecebong. Kita manusia,” tegas Aa Gym dalam ceramahnya pada acara Kajian Tauhid, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (8/7), dilansir CNNIndonesia.com.

“Allah memuliakan kita menjadi manusia. Jangan memanggil dengan gelaran-gelaran yang buruk,” katanya.

Selain itu, sesama manusia yang bersaudara, kata Aa Gym juga dilarang saling mencela, saling berburuk sangka, mengorek aib orang lain dan dilarang untuk saling bergunjing.

Baca Juga: TGB Kini Mendukung Jokowi, Prabowo Beri Komentar Santai Begini

Diketahui, sebutan kecebong dan kampret kerap ditemui di media sosial. Sebutan itu mengidentifikasikan kelompok pendukung politik tertentu.

Sebutan ‘kecebong’ dan ‘kampret’ muncul setelah Pilpres 2014. Saat itu Joko Widodo (Jokowi) berhadapan dengan Prabowo Subianto. Masing-masing pendukung pun saling melekatkan sebutan itu ke pendukung rivalnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Gubernur NTB TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) tak ingin ada lagi panggilan kecebong dan kampret di tengah masyarakat. Dia meminta masyarakat saling menghargai.

“Sesama manusia saling menghargai. Menurut saya, itu (cebong dan kampret) bagian-bagian yang harus dihilangkan dari ruang publik,” ujar TGB kepada wartawan di lingkungan Masjid Istiqlal, Jakarta.

 TGB mengajak publik untuk tidak lagi membuat hal-hal yang bisa memojokkan, atau mendeskriditkan. “Kita bangun peradaban publik yang lebih baik,” ucap TGB.

Ditemui di acara yang sama, Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade mengatakan, meski di media sosial pendukung perang menggunakan sebutan itu, hubungan Jokowi dan Prabowo justru baik-baik saja.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler

Loading...

Berita sebelumyaKH Said Aqil Tepis Kabar PBNU Mendukung Cak Imin jadi Cawapres Jokowi
Berita berikutnya8 Pose Aurel Hermansyah Ini Bukti Bahwa Ia Miliki Body Sempurna, Bikin Cowok Meriang