Jabatannya Dicopot oleh Anies Baswedan, Ini Pesan Mantan Dua Walikota DKI Jakarta

SURATKABAR.IDGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melantik empat Walikota dan satu Bupati pada Kamis (5/7/2018). Namun, pelantikan ini tidak dihadiri seluruh mantan Wali Kota dan Bupati sebelumnya.

Dalam acara pelantikan pemimpin daerah tersebut nampak hadir Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede dan Walikota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi. Mereka pun memberikan pesan-pesan khusus kepada para penerusnya.

“Saya sangat berhagia sekali digantikan oleh wakil saya yang ritmenya chemistry nya nyambung. Selama bersama-sama dengan Pak Bayu ya kami punya visi yang sama,” ujar Mangara di Balai Kota, Jakarta Pusat, dikutip Jawapos, Kamis (5/7/2018).

Mangara digantikan oleh wakilnya sendiri, Bayu Megantara. Dirinya berpesan agar Bayu dapat lebih gesit dalam menyelesaikan setiap program-program yang telah disusun bersama-sama.

“Saya kira beliau akan bisa lebih cepat berlari memperbaiki yang sudah dilakukan selama ini. Tentunya saya doakan smoga dia mendapatkan sukses yang lebih ke depan,” tegasnya.

Baca juga: Mendagri Puji Anies Baswedan sebagai Gubernur Indonesia, Ada Hubungannya dengan Pilpres 2019?

Begitupula dengan Tri Kurniadi, dirinya digantikan oleh Marullah Matali sebagai Walikota Jakarta Selatan. Dirinya berharap agar Marullah dapat amanah dan melanjutkan program yang sudah ada.

“Saya pikir Pak Marullah bukan orang baru dia tahu lah prioritas-priortitas di Jakarta Selatan (Jaksel). Jaksel kan prioritynya lagi ke arah pembangunan. Nah itu perlu strong kuat menyelesaikan program-program itu,” tutur Tri.

Namun, Tri menekankan program yang perlu diprioritaskan adalah Mass Rapid Transit (MRT). Menurutnya, MRT perlu ada perhatian khusus dan fokus dalam penyelesaiannya.

“Prioritas, MRT ya selesaikanlah, karena masih harus sedikit-sedikit lagi yang harus diselesaikan,” pungkasnya.

Anies Baswedan memang berencana merombak total pejabat walikota Jakarta. Hal tersebut disampaikan anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono.

Gembong menyebut, sejumlah nama telah disetujui DPRD DKI sebagai walikota.

“Kemarin yang diusulkan DPRD untuk calon Wali Kota Jakarta Pusat itu Bayu Megantara, menggantikan Mangara Pardede,” ujar Gembong ketika dihubungi, dilansir Liputan6, Kamis (5/7/2018).